Nama-nama Malaikat dan Tugas-tugasnya

Allah Ta’ala berfirman,

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah Timur dan Barat itu suatu kebaikan, akan tetapi sesungguhnya kebaikan itu ialah beriman kepada Allah, Hari Kemudian, malaikat-malaikat, nabi-nabi …” (QS. Al Baqarah : 177)

“Barangsiapa kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan Hari Kemudian, maka orang itu telah sesat sejauh-jauhnya” (QS. An Nisaa’ : 136)

Rasulullah ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam bersabda ketika Jibril bertanya kepada beliau tentang iman,

“Hendaklah kamu beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, Hari Akhir dan beriman kepada takdir baik dan buruk-Nya” (HR. Muslim no. 8, dari Umar bin Khaththab radhiyallaHu ‘anHu)

Dalam hadits shahih yang lain Rasulullah ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam bersabda,

“Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api dan Adam diciptakan dari apa yang telah diciptakan kepada kalian” (HR. Muslim no. 2996, dari ‘Aisyah radhiyallaHu ‘anHa)

Berikut ini nama beberapat malaikat-malaikat Allah Ta’ala beserta tugas-tugasnya :

1. Jibril

Adalah malaikat yang diberikan amanat untuk menyampaikan wahyu, turun membawa petunjuk kepada Rasul agar disampaikan kepada umat. Allah Ta’ala berfirman,

“Dan sungguh dia (Muhammad) telah melihatnya (Jibril) di ufuk yang terang” (QS. At Takwiir : 23)

Rasulullah ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam bersabda,

“Aku melihatnya (Jibril) turun dari langit, tubuhnya yang besar menutupi antara langit sampai bumi” (HR. Muslim no. 177, dari ‘Aisyah radhiyallaHu ‘anHa)

Abdullah bin Mas’ud radhiyallaHu ‘anHu menjelaskan bahwa Nabi Muhammad ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam melihat jibril memiliki enam ratus sayap (HR. al Bukhari no. 4857)

2. Mika-il

Dialah yang diserahi tugas mengatur hujan dan tumbuh-tumbuhan dimana semua rizki di dunia ini berkaitan erat dengan keduanya. Terdapat penyebutan Jibril dan Mika-il secara bersamaan dalam satu ayat, Allah Ta’ala berfirman,

“Barangsiapa menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mika-il, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir” (QS. Al Baqarah : 98)

3. Israfil

Dia diserahi tugas meniup sangkakala atas perintah Rabb-nya dengan tiga kali tiupan. Pertama adalah tiupan keterkejutan, tiupan kedua adalah tiupan kematian dan tiupan ketiga adalah tiupan kebangkitan.

4. Malik

Dia adalah penjaga neraka. Allah Ta’ala berfirman,

“Mereka berseru, ‘Hai Malik, biarlah Rabb-mu membunuh kami saja’. Dia menjawab, ‘Kamu akan tetap tinggal (di Neraka ini)’. Sesungguhnya Kami telah membawa kebenaran kepada kamu tetapi kebanyakan diantara kamu benci kepada kebenaran itu” (QS. Az Zukruf : 77-78)

5. Ridhwan

Dia adalah penjaga Surga. Ada sebagian hadits yang dengan jelas menyebutkan dirinya (al Bidaayah wan Nihaayah I/45)

6, 7. Munkar dan Nakir

Terdapat penyebutan dengan mereka di dalam hadits Abu Hurairah radhiyallaHu ‘anHu, Rasulullah ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam bersabda,

“Tatkala orang yang mati telah dikubur, datanglah kepadanya dua malaikat yang hitam kebiruan, salah satu diantara keduanya dinamakan Munkar dan yang lainnya dinamakan Nakir” (HR. at Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh al Albani dalam Shahiih Sunan at Tirmidzi no. 856)

8, 9. Harut dan Marut

Keduanya termasuk malaikat yang namanya tertulis di dalam al Qur’an. Allah Ta’ala berfirman,

“Padahal Sulaiman tidak kafir (mengerjakan sihir), hanya syaithan-syaithan itulah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua malaikat di negeri Babil, yaitu Harut dan Marut” (QS. Al Baqarah : 102)

10. Ar Ra’d

Malaikat ini bertugas mengatur awan. Ibnu Abbas radhiyallaHu ‘anHu berkata,

“Orang-orang Yahudi datang menemui Nabi, lalu mereka bertanya, ‘Wahai Abul Qasim, kami akan bertanya kepadamu tentang beberapa hal. Jika engkau menjawabnya maka kami akan mengikuti, mempercayai dan beriman kepadamu’.

Mereka bertanya, ‘Beritahukan kepada kami tentang ar Ra’d, apakah itu ?’. Beliau menjawab, ‘Salah satu malaikat yang diserahi tugas untuk mengatur awan’” (HR. an Nasai, dihasankan oleh Syaikh al Albani dalam ash Shahihah no. 1872)

10. ‘Izra-il

Penamaannya dengan malaikat maut tidak disebutkan dengan jelas di dalam al Qur’an maupun hadits-hadits yang shahih. Adapun penamaan dirinya dengan ‘Izrail terdapat di sebagian atsar. WallaHu a’lam. (al Bidaayah wan Nihaayah I/42)

12, 13. Raqib dan ‘Atid

Sebagian ulama menjelaskan bahwa diantara malaikat ada yang benama Raqib dan ‘Atid. Allah Ta’ala berfirman,

“Maa yalfizhu min qaulin illaa ladayHi raqiibun ‘atiidun” yang artinya “Tidak suatu ucapan pun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir” (QS. Qaaf : 18)

Namun demikian pendapat ini tidak benar, wallaHu a’lam. Keduanya hanya sifat bagi dua malaikat yang mencatat perbuatan hamba. Makna Raqib dan ‘Atid ialah dua malaikat yang hadir, menyaksikan di dekat hamba, bukan dua nama dari dua malaikat (al Bidaayah wan Nihaayah I/35-49)

Maraji’ :

Memasuki Dunia Malaikat, Shalahuddin Maqbul Ahmad, Pustaka Ibnu Katsir, Bogor, Cetakan Pertama, Syawwal 1427 H/November 2006 M.

118 pemikiran pada “Nama-nama Malaikat dan Tugas-tugasnya

  1. assalamualaikum….bagaimanakah sy ingin mencari latar belakang tokoh-tokoh kita?sy dah cari sedaya upaya sy..tp tak dapat pon…

  2. Aslkm, Terima kasih infonya, ini yang bener2 kucari karena di Al-Quran tidak diberikan secara detail nama dan tugas2 malaikat. Gimana kita ingin diberkati para Malaikat, sementara kita sendiri gak mau cari tau malahan gak mengenal nama-nama malaikat tersebut. :)
    Untuk anda mas/pak Dwiyanto Qs.17:7
    Wasalam,
    Nu2′

  3. saya, hendak tanya.. apakah tugas malaikat jibril pada masa sekarang.. seperti yang kita ketahui semasa zaman Rasulullah S.A.W tugasnya adalah menyampaikan wahyu.. tapi sekarang apakah tugasnya

    Apa Tugas Malaikat Jibril Saat Ini?

    Jawaban:

    Assalamu `alaikum Wr. Wb.

    Bismillahirrahmanirrahiem. Alhamdulillahi Rabbil `Alamin. Wash-shalatu Was-Salamu `alaa Sayyidil Mursalin. Wa ba`d,

    Malaikat secara umum adalah hamba-hamba Allah yang mulia, suci, bersih dan baik. Tugas pokok mereka adalah menyembah Allah SWT dan apabila ada tugas khusus, maka mereka adalah para pelaksana perintah Allah yang tidak pernah salah.

    Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.(QS. At-Tahrim : 6)

    Jadi beribadah dan menyembah Allah adalah tugas utama para malaikat, siapa pun namanya. Sedangkan bila ada tugas khusus, maka para malaikat itu pasti akan menjalankan semua yang Allah perintahkan. Dan bila tugas khusus itu sudah tunai, tidak berarti mereka menganggur, karena kamus menganggur tidak dikenal oleh para malakikat.

    Sejak mereka pertama kali diciptakan, mereka langsung menjadi penyembah Allah yang paling setia. Tentu saja cara ibadahnya hanya Allah dan mereka yag tahu. Sedangkan kita umat Rasulullah SAW, telah diajarkan bagaimana caraibadah kita sebagai makhluq Allah dalam wujud manusia.

    Wallahu A`lam Bish-Showab,

    Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

    sumber : http://www.syariahonline.com/

  4. somebody can someone help me with this hard test….
    please someone help me….

    i have a test to make 30 worksheet…
    it’s all about angel…
    i don’t know where can i find it…..
    please someone help me….

  5. asslm,,wr,,wb,,?
    q ingin bertanya,,,
    bagaimana pengawasan malaikat rokib dan atid,,kepada orang yang sudah gila,,,
    apakah itu masih dalam pengawasan apa tidak,,??
    trims..
    wasslm…

  6. Saya belum tau dengan tugasnya malaikat harut marut. klo bisa tlg diperjelas. ok Tx banget atas infonya

  7. assalamualaikum wwbtuh saya nak tanya sikit apa betul malaikat semakin hari semakin bertambah sebab ustaz cakap malaykat malaykat ini bertambah dari percikan air sembahyang orang arang alim waasalam

  8. assalamualaikum saye ingin mengucapkan terima kasih pasal ade keluarkan nama nama malaikat dan tugasnye…

  9. that’s 10? no!you’re forget to gabriel angel! doyou forgot to her? she is an angel too.

    Bye-bye

  10. ichaenk@…iblis kn terbuat dari api……..!!!!! bingung ya???
    logika aja….gimana klo gue ngelempar elo dengan gumpalan tanah..sedangkan manusia terbuat dari tanah!!!
    sakit apa enggak???? pasti sakit kn!!!!
    naa..bgitu juga iblis atw setan….klo di timpuk sma gumpalan api pasti kesakitan….
    knp??? karena…biarpun sma”api tpi komposisi yang berbeda…!!!
    selain itu Wallahua’lam

  11. ~kenapa manusia waktU di lah!Rkan slalu nangis ? ? ?
    - gw rasa yg sekolah di kedokteran lebih tau kayaknya
    -~Q mw tanya,,sETan masUK klo masUK nEraka ngerasa panas g’ ? ? ?
    -GW jawab mana gw tau memang nya gw setan hahahahaha (gw pernah baca buku seperti yg u tanya sama persis ,ntar gw cari lagi bukunya kli masi ada)

  12. Sedikit perbaikan …

    Malaikat yang Bertugas Mencabut Ruh
    Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan kekuasaan yang sempurna menciptakan malakul maut (malaikat pencabut nyawa) yang diberi tugas untuk mencabut ruh-ruh, dan dia memiliki para pembantu sebagaimana firman-Nya:
    قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ
    “Katakanlah: ‘Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu’ kemudian hanya kepada Rabbmulah kamu akan dikembalikan.” (As-Sajdah: 11)
    Asy-Syaikh Abdullah bin ‘Utsman Adz-Dzamari berkata: “Malakul maut adalah satu malaikat yang Allah Subhanahu wa Ta’ala beri tugas untuk mencabut arwah hamba-hamba-Nya. Namun tidak ada dalil yang shahih yang menunjukkan bahwa nama malaikat itu adalah Izrail. Nama ini tidak ada dalam Kitab Allah Subhanahu wa Ta’ala, juga tidak ada di dalam Sunnah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah Subhanahu wa Ta’ala hanya menamainya malakul maut, sebagaimana firman-Nya:
    قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ
    “Katakanlah: ‘Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa) mu’.” (As-Sajdah: 11)
    Ibnu Abil Izzi Al-Hanafi rahimahullahu berkata: “Ayat ini tidak bertentangan dengan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
    حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ. ثُمَّ رُدُّوا إِلَى اللهِ مَوْلَاهُمُ الْحَقِّ أَلَا لَهُ الْحُكْمُ وَهُوَ أَسْرَعُ الْحَاسِبِينَ
    “Sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya. Kemudian mereka (hamba Allah) dikembalikan kepada Allah, Penguasa mereka yang sebenarnya. Ketahuilah, bahwa segala hukum (pada hari itu) kepunyaan-Nya. Dan Dialah Pembuat perhitungan yang paling cepat.” (Al-An’am: 61-62)
    Karena malakul maut yang bertugas mencabut ruh dan mengeluarkan dari jasadnya, sementara para malaikat rahmat atau para malaikat azab (yang membantunya) yang bertugas membawa ruh tersebut setelah keluar dari jasad. Semua ini terjadi dengan takdir dan perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala, (maka penyandaran itu sesuai dengan makna dan wewenangnya).” (Syarh Al-‘Aqidah Ath-Thahawiyah, hal. 602)

  13. Bismillah, afwan..setau ana malaikat banyak sekali tapi yang wajib di ketaui kita hanya ada 10, yaitu;

    1. JIBRIL
    2. MAKAIL
    3. ISROFIL
    4. IZROIL
    5. MUNKAR
    6. NAKIR
    7. ROKIB
    8. ATIT
    9. MALIK
    10. RIDWAN

  14. AssWrWb..Afwan mohon juga jelaskan nama2 malaikat yang lain dari 10.. Ana pernah ikutin ceramah ternyata malaikat yang membelah laut saat Nabi Musa&pengikutnya di kejar firaun cuma lupa nama nya dan banyak lagi…

  15. Ichaenk@: indra yang allah berikan kepada manusia adalah pendengaran, lalu pengliahatan dan hati. dalam ilmu medis jika seorang bayi jika ia tidak menangis ketika dilahirkan kemungkinan ia menderita tuli. itu juga ada di Al-Qu’an, An-Nahl ayat 78

  16. makasih ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

  17. salam..

    Sederhana bg aku ttg maklumat ini.. walaubagaimana pun bagus krn ada percubaan dlm mencari sumber2 yg amat berguna seperti ini.. apapun harus merujuk kpd yg benar2 pakar yakni (guru yg musyrik) ttg keteperincian perkara tersebut..

    ini krn di takuti tersalah tafsir dan akan mengelirukan si penulis dan juga si pembaca nye..

    P/s: ingat cari lah sumber hal di mana saja ttg allah s.w.t akan tetapi mesti/perlu/wajib ada mempunyai guru yg ZAHIR!. :)

  18. aSSAlamualikum ya akhi
    ane mAu tanya ni
    kan tgas mlaikat iSrafil kan mniup sangkakala wktu akhir zaman
    jd ni kan inSya Allah blum kiamat ,jadi slama ni malaikat israfil tugasnya apha??
    mohon dijawab ya akHi?

  19. Harut & Marut itu Syetan bukan Malaikat

    Afwan, dari terjemahan yg ane baca di QS Al-Baqarah:112 bahwa Harut & Marut Mengajarkan sihir kepada manusia dinegeri babilonia, dan disitu jelas-jelas disebutkan bahwa mereka adalah “… Syetan-syetan Harut & Marut….”

  20. sebenarnya yang betul tu siapa?
    di Blog ini harut. & marut malaikat, tapi kata si Abror dalam QS Al-Baqarah:112 bahwa Harut & Marut adalah Syetan!!!.

  21. setiap manusia mempunyai malaikat penjaga,,
    apakah anda tau malaikat penjaga anda,,

  22. Ass, emang malaikat bisa di tambah2? Setau saya sih kita wajib mengenal 10 malaikat. Dan malaikat itu bukan nabi begitu sebaliknya. Kalau nabi kita wajib mengenal cukup 25 nabi. Walaupun malaikat dan nabi jumlahnya banyak (allahu’alam) tapi kita cukup mengenal 10 Malaikat Dan 25 Nabi.

    Dan buat yang cari tugas, lebih aman ke wikipedia, atau ke beberapa tempat, jangan mengambil bahan yang asal. Sudah kita kena omel karna salah mungkin juga dosa karena malas:p

    Wassalam

  23. Thank’s y,,, brkat ni Q wda bsa hfal nma2 malaikat & tgas2x,,,,
    dn skrang jga kita slain bljar ma bku, kita jg bsa bljar ma internet jga

    By :
    ‘Chitato love’
    anak klz 6………….
    wk,,wk,,wk,,

  24. ya alhmdullh…dpt ilmu sdkt2 tntng malaikat. drpd tdk bljr sm skali…krna ya ilmu itu maha dr sgala..didunia ttpi wlwpn maha dr sgala, ilmu yg diturunkan allah di dunia hanya bgai kita mencelupkan jari dilautan..yg tdk lama akan kering kembali…jd akn mersa rugi orng yg tdk mw bljr akan sesuatu ilmu pun.. Di ats langt ada langt

  25. aslmkm wr.wb
    alhmdulilah banyak juga yang membaca situs ini
    wajib kita hapal nama-nama malaikat
    dan apa saja tugas2nya
    ??????????
    thankz banyak deh ??????

  26. Makasih tas nama-nama Malaikatnya. Aku mau tanya dong,
    tugas malaikat Rokib dan ‘Atid thu apa ya???
    Soalnya di atas tdk di sebutkan dngan jelas. :)

  27. bersihkan hati niatkan dr kita tuk ibadah…Alloh swt maha segala2nya..dekatkan dr kita padanya..agar kita menjadi org yg taat,beriman.taqwa..sperti malaikat…amin..

  28. boleh saya tahu lebih lanjut tak??????????????ada beberapa malaikat yang saya tak fahamlah……….tolong jelaskan yeeee.iaitu HARUT@MARUT DAN MARAJI’

  29. allah itu adalah nabi kita jadi kita harur menjalankan perintahnya dan menjahukan larangannya .barang siapa yang melanggar perintahnya dia akan dimasukan keneraka untuk selama -lamanya ,jadi kita harus menjalankan perintahnya

  30. Emng bnar malaikat Jibril Segede itu menutupi bumi dan langit
    sayap nya Sebnyak 600 Subhanaallah

  31. kita ber trima kasih ke allah dy kan sdh menciptakan seluruh alam semesta… bagi yg islam like status ini

  32. ASSALAMU’ALAIKUM WA RAHMATULLAHI WA BARAKATUH……
    …TERIMA KASIH atas info yg diberikan……. :)

  33. Assalamu’alaikum

    bukan ane mo nasehatin, bukan ane mau ngeguruin, ane cuman ngingetin aj nh.
    abang & empo hati-hati dalam ngucap dan berkata . klo mang mo ngarti & tau ilmu agama . belajar ngaji, biar pinter. dari pade ente pade nulis beginian nanti timbulnya macem-macem,. ( yang bener tar disalahin) ( yang salah malah dibenerin) pokonye hati-hati deh klo ngucap tentang agama ALLAH SWT.

  34. Alhamdullillah ya Sesuatu Bgt..
    Makasih ya Gan yang udah buat Web ini ..

  35. ini adalah suatu kegiatan yg bagus …

    supaya kita semua lebih tau nama nama malaikat dan tugas tugasnya

  36. Greetings! Very helpful advice in this particular article!

    It’s the little changes that produce the largest changes. Thanks a lot for sharing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s